AFAN FADILAH Meninggal Karena Kelalian Pembantu Rumah Tangga

AFAN FADILAH Meninggal karena kelalaian pengasuhAFAN FADILAH Meninggal Karena Kelalian Pembantu Rumah Tangga - Memilih pembantu rumah tangga seharusnya lebih jeli dan tidak sembarangan, apalagi di jaman sekarang yang rumit dan notabene karakter setiap orang tidak sama.

Bagi sebagian orang memang serius dan konsisten dalam menjalankan pekerjaan yang di bebankan kepada dirinya, mereka ikhlas menjalankan pekerjaan itu dengan harapan nantinya di akhir bulan bisa mendapatkan upah yang menjadi haknya, sehingga menjadi hubungan atau simbiosis mutualisme di antara keduanya.

Lalu bagaimana dengan orang yang menjalankan pekerjaan ini hanya sebagai kedok saja untuk melancarkan kejahatan yang sudah di rencanakan sebelumnya,,? saya rasa kita semua tidak menginginkan hal ini terjadi bukan,,?

Kemungkinan hal itu bisa saja terjadi atau ada maksud lain yang kita sendiri tidak dapat mengetahui isi hati orang yang kita pekerjakan di rumah kita, sebagai tips mendingan memilih pembantu rumah tangga orang yang sudah kita kenal sebelumnya, entah itu teman, anggota keluarga yang lain atau siapapun yang penting kita sudah mengetahui karakter dia yang sesungguhnya.

Akhibat Kelalian Pembantu Rumah Tangga Menyebabkan Anak Asuhnya Meninggal Dunia


Lain lagi cerita yang terjadi di JL. Salak RT.02 RW.01 Desa. Panggungrejo Kecamatan. Kepanjen Kabupaten. Malang, ini bukan niat jahat yang akan di lakukan oleh pembantu rumah tangga sebuah keluarga kecil tersebut.

Modus operandi (MO) dari kejadian ini karena murni kelalaian pembantu rumah tangga sehingga anak asuhnya harus meregang nyawa di sebuah sungai kecil dekat rumah majikannya, duh,,,! sangat di sayangkan bukan,,?😢

Awalnya korban yang bernama AFAN FADILAH (2,5 Thn) orang tua dari IKSAN yang bekerja sebagai sopir tahanan di kejaksaan Kepanjen dan beralamat di JL. Sidodadi RT. 02 RW. 01 Desa. Panggungrejo Kecamatan Kepanjen Kab. Malang

Masih dalam pengasuhan ARTIAH TATIK (Pembantu rumah tangga) yang di percayakan IKSAN untuk mengasuh anaknya selama di tinggal bekerja, sementara ibu dari anak ini juga bekerja.

Kelalaian pembantu rumah tangga ini tidak murni karena kesalahan dia, karena tugas yangsangat berat yang di bebankan kepada dirinya, ARTIAH tidak hanya mengasuh anak yang berusia (2,5 Tahun) saja namun juga harus merawat ibunya yang sudah tua renta dan buta.

Waktu itu tiba saatnya ibunya untuk makan siang dan ARTIAH seperti biasa membantu mengambilkan makanan yang sudah di sediakan dari pagi tadi, namun sayangnya anak asuh yang di bebankan kepada dirinya tidak ada yang mengawasi dan bermain sendirian di depan rumah dekat sungai kecil.

Selesai melayani ibunya kemudian ARTIAH kembali ke depan untuk menemui AFAN, dan apa yang terjadi,,? anak yang di maksud tidak ada di tempat tadi, ARTIAH kebingungan, mencari dan menanyakan ke beberapa orang yang kebetulan berada di sekitar situ.

Setelah sekitar sepuluh menit kemudian seseorang menemukan AFAN yang tersangkut di parit dekat rumahnya tersebut, beberapa orang langsung berdatangan dan berusaha membantu AFAN keluar dari parit tersebut dan langsung melarikan ke UGD RS Kanjuruan Kepanjen.

Di Rumah Sakit AFAN sempat bisa muntah dan mengeluarkan banyak air, namun usahanya itu tidak cukup untuk mengeluarkan semua air yang ada di dalam perutnya, dan beberapa saat kemudian AFAN tidak kuat dan meninggal dunia.

Dari peristiwa ini kita bisa memetik hikmahnya bahwa, tugas yang begitu berat yang harus di tanggung seorang pembantu rumah tangga akan membuat pekerjaan yang di bebankan tidak bisa berjalan dengan baik dan justru merugikan majikan, karena bagaimanapun juga pembantu rumah tangga juga manusia biasa yang memiliki kekurangan.

Beberapa Penyebab Kejadian

Dari peristiwa ini sebaiknya kita yang memiliki anak kecil sebaiknya jangan keburu mempercayakan ke pembantu rumah tangga, anak seusia AFAN masih membutuhkan kasih sayang kedua orang tua dan hubungan emosional yang positif tersebut justru akan mempengaruhi tumbuh kembang mental anak Anda.

Jika lingkungan sosial di sekitarnya positif dan aman tentu saja hal ini juga akan berpengaruh pada karakter emosional anak begitu juga dengan sebaliknya.

Dari peristiwa di atas kita ambil analisa bahwa kematian AFAN merupakan kelalaian pengasuh atau orang yang di percayakan kepada korban. Beberapa penyebab korban meninggal antara lain:

1. Cuaca selesai hujan hal ini membuat jalanan licin dan berbahaya bagi AFAN apalagi jika dekat dengan sungai kecil.

2. AFAN yang masih berusia 2,5 tahun ini masih cendrung aktif bergerak sehingga membuka peluang untuk cidera bagi dirinya.

3. Kurangnya pengawasan bagi AFAN yang menyebabkan dia bebas bergerak dan terpaksa harus masuk ke parit yang berada dekatnya.

4. Tugas pembantu rumah tangga yang super berat sehingga menyebabkan pekerjaan kurang efektif dan justru membuka peluang untuk kecelakaan.

5. Seusia AFAN masih belum nalar tentang bahaya yang ada di sekitar dirinya, sehingga kecerobohan membuatnya masuk ke dalam parit.

Tips Memilih Pengasuh Anak

Jika terpaksa harus di asuh oleh pembantu rumah tangga (orang lain) maka sebaiknya, pertimbangkan terlebih dahulu tips berikut ini.

1. Pilihlah orang yang sudah kita kenal sebelumnya agar komunikasi kita dengan dia lebih mudah dan secara emosional lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang di bebankan kepada dirinya.

2. Jangan memberikan tugas yang terlalu berat pada pembantu rumah tangga kita, mungkin dia bisa saja menerima tugas itu namun hal itu justru memperburuk hasil pekerjaan sehingga kurang efektif dan maksimal.

3. Anda bisa saja sewaktu - waktu mengujinya dengan beberapa trik untuk memperkuat kepercayaan yang kita tanamkan kepada dirinya.

4. Saat bersama pengasuh, jangan langsung di tinggal begitu saja, cobalah untuk mengawasinya dari kejauhan, untuk mengetahui kejujuran dia selama kita tinggal.

5. Catat perkembangan anak selama dalam pengasuhan orang lain tersebut, apakah menunjukkan nilai positif atau sebaliknya.

6. Secara emosional, perhatikan prilaku dan cara berbicara anak tersebut setelah beberapa lama dalam pengasuhan dia.

7. Anda wajib untuk mengajak berkomunikasi dengan buah hati Anda, meskipun sudah ada pengasuh yang merawatnya.

8. Anda juga bisa melihat berat badan anak dan keceriaanya setiap waktu setiap saat, untuk meyakinkan kondisi anak Anda.

Semoga dengan kejadian di atas kita lebih perhatian dan sayang kepada buah hati, karena bagaimanapun juga itu adalah darah daging kita sendiri dan amanah dari Tuhan yang di percayakan kepada kita.


Labels: Peristiwa dan Masyarakat

Thanks for reading AFAN FADILAH Meninggal Karena Kelalian Pembantu Rumah Tangga. Please share...!

0 Comment for "AFAN FADILAH Meninggal Karena Kelalian Pembantu Rumah Tangga"

Back To Top